The Beauty In Mathematics


Sesuatu hal yang ingin paling indah dalam hidup gw akan gw coba utarakan paling dalam bagaimana matematik bisa merubah hidup gw sampe pemikiran gw  terhadap semua objek.
Semua bermula dari umur gw  sekitar 6-7 tahun karna mungkin hal yang bisa gw ingat hanya sampai situ. gw  adalah pribadi yang  bodoh dan sama sekali mengerti apa esensi dari belajar itu sendiri, terbukti ketika selama perjalanan gw sampai lulus SMP(Sekolah menengah pertama) gw selalu peringkat paling bawah di kelas gw.

Hal itu terus terjadi sampai gw lulus smp, gw masih gk ngerti apa esensi dari belajar. Dan masih sama seperti dulu, gw selalu bete/males banget dan malah bisa sampe bikin pala gw sampe stress  ketika disuruh belajar. Sampe akhirnya gw punya pertanyaan sama temen gw yang hobinya emang belajar terus:

Belajar buat apa sih ?
Kenapa sih lu kok belajar terus?
lu ngapain sih belajar cape-cape emang lu mau jadi president?
Dll.

Akhirnya jawabanya yang gw terima tidak yang seperti diharapkan, yang membuat gw gk ada perubahan sampe gw lulus dari smp.
Awal pelajaran baru pun dimulai, gw masih sama seperti dulu bodo amat walaupun udah lulus dari smp tapi apa yang ada sama seperti gw masuk pertama kali sekolah, gw gk dapet apa itu yang dimaksud dari esensi dari belajar itu sendiri. Dan akhirnya tiba di pelajaran matematika, pelajaran yang paling gw benci karna gurunya killer, dan dia pengen semua muridnya bisa tapi apa daya otak gw tidak memadai untuk menampunya.

Alhasil gw selalu kena omel, dan kena hukum selalu dan selalu~
Selesai  dari kelas satu gw naik ke kelas dua, tanpa membawa suatu perubahan. Dan satu hal yang pasti guru matematiknya ganti, gw mendapat guru matematik yang bebas saking terlalu bebasnya sewaktu dia ngajar gw pernah sampe  main PES(Pro Evolution Soccer) kalo ada yang gk tau itu sejenis game sepak bola gitu.

Dan akhirnya sampe gw dimana kelas 3 semester 2, yang temen-temen gw udah pada sibuk dengan persiapan UN, tapi gimana nasib gw??
Dan akhirnya gw punya niat dikit buat gogling sesuatu yang gw gk ngerti tentang salah satu bab dari matematika, dan alhasil gw dapet sesuatu yang sampe membuat gw merinding sekujur badan gw, BOOMM!!.

Gw dapat suatu situs e-learning gitu yang didalamya gw dapet apa yang sama sekali gw dapetin sewaktu gw sekolah dari sd,smp,sma. gw dapat apa itu esensi belajar, belajar itu buat apa, guna belajar itu apa sampe gw merubah pikiran-pikiran gw tentang belajar itu 360 derajat.
Akhirnya gw jadi suka banget sama matematika, dan sampe gw jadi belajar mtk sendiri tanpa paksaan dan gw iklah sepenuh hati.gw ngerti buat apa belajar? Apa belajar buat nilai? Ato belajar buat orang tua?  Itulah jawaban-jawaban temen gw dulu ketika gw tanya buat apa belajar, dan gw punya jawaban sendiri yang untuk pertanyaan itu yaitu, “Belajar untuk kesenangan sendiri”.
Apa yang gw pelajari dari e-learning itu pun bukan semata-mata mengajari gw tentang bagaiman caranya dapet nilai yang bagus, tapi lu bakalan dapat lebih bagaimana lu bisa suka sama pelajaran itu,
 “karna ketika lu udah suka sama pelajaran itu lu bakal lihat sendiri hasilnya”.

Alhasil selama sem2 gw fokus sama pelajaran matematik sendiri sepulang sekolah gw belajar sampe malem, tiap hari gw lakuin itu dan sekali lagi tanpa paksaan.dari belajar itu gw jadi bisa menganalisa segala hal dari fisika, kimia, maupun biologi jadi gw suka juga.

Sampe akhirnya gw jadi suka mengkritisi segala hal yang emang menurut gw salah, selama pengalaman gw, gw pikir orang bego/bodoh akan selamanya pasti seperti itu dan ternyata itu salah sebenarnya bodoh itu lu karna gk mau belajar dan gk tau apa itu esensi dari belajar itu sendiri, jadi solusi yg gw saranin sama pemerintah adalah untuk memfokuskan anak sejak dini belajar bukan jadi salah satu beban tapi malah menjadi kesenangan anak itu sendiri disitulah guru dilihat untuk pembangun karakter.





Tidak ada komentar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar